Monday, May 4, 2009

Google Adsense 2


By Tika

Jumpa lagi...

Kita lanjutkan pembahasan kita tentang Google adsense. Kali ini akan saya sampaikan bagaimana menambahkan script Adsense di website kita. Di sini saya asumsikan bahwa anda sudah disetujui oleh Google untuk mendapatkan Kode Adsense

Adsense ada dua macam : 1. Adsense for Content
2. Adsense for Search
Bedanya, kalau adsense for content, iklan adsense akan langsung muncul waktu pengunjung mengunjungi situs kita. Tapi kalau adsense for search, kita menyimpan kotak pencarian di website kita. Prosesnya adalah, pada waktu pengunjung mengetikkan kata kunci pada kotak search kita, kemudian dia meng-klik iklan adsense pada hasil pencarian, pada saat itulah kita dapat bayaran.

Sekarang, bagaimana cara menambahkan kode adsense di website kita?
1. login ke account adsense
2. klik adsense setup
3. pilih adsense for content / adsense for search (terserah pilihan anda). Tapi menurut saya lebih baik kalau kita pilih adsense for content, karena lebih populer dan mudah.
4. ada 2 pilihan iklan (Ad type), yaitu "Ad Unit" dan "Link Unit". Di sini misalkan kita memilih Ad unit.
Di bagian Ad type ini kita mempunyai beberapa pilihan, yaitu 'teks saja', 'images saja' , 'images plus teks', atau 'link saja'. Kita boleh memilih yang mana saja sesuai dengan kebutuhan web kita.
5. selanjutnya kita akan mengatur bentuk / format iklan dan warna adsense yang akan digenerate. Kita bisa pilih bentuk iklan yang kita inginkan. Selain itu, kita pun bisa mengatur warna iklan yang akan tampil. Saran saya, sesuaikan warna iklan dengan warna website kita, supaya lebih enak dilihat dan tidak terlihat seperti iklan.
6. setelah selesai memilih warna, klik Continue
7. bila kita memiliki lebih dari satu situs yang dipasangi adsense, bisa kita masukkan URL situs tersebut di bagian Ad Channels. Melalui Channels ini, kita akan mengetahui situs mana yang menghasilkan lebih banyak klik, atau sebaliknya. Tapi, karena kita baru pertama kali men-generate kode adsense, bagian ini kita lewati dulu, kita klik saja 'continue'
8. setelah kita mengubah warna tampilan dan meng-klik 'save and get the code', kita scroll ke bawah, dan di sana akan kita lihat kode adsense kita. Copy kode tersebut lalu pindahkan ke website kita, dimana pun anda akan menempatkannya.

Jika anda terbiasa membuat situs dengan program Frontpage / Dreamweaver, tambahkan kode adsense melalui bagian 'source kode' antara bagian 'body tag' alias antara . Tapi kalau mau dipasang di blog, pasang kode adsense melalui kode HTML yang ada di menu layout blog.

Oke, itulah cara bagaimana memasang kode adsense di web / blog kita. Satu hal yang harus kita ingat, Jangan Coba-coba Meng-Klik Iklan di Web / Blog Kita sendiri. Kalau satu dua kali / tidak sengaja, mungkin Google akan 'maklum', tapi kalau sering kita lakukan, pihak Google akan tahu dan adsense kita akan di "banned" alias di PHK. dan kalau sudah begitu, kita akan susah untuk mendapatkan kode adsense kita kembali. Jadi...jangan curang ya....:-)

Baiklah teman...sampai sini dulu jumpa kita kali ini, sampai jumpa...

Lihat Juga Panduan Saya yang Lain di Google Adsense 1


No comments:

Post a Comment