Wednesday, April 15, 2009

Affiliate Marketing 2


By Tika

Halo friends...:-)
Kita lanjutkan pembahasan kita tentang affiliate marketing yang sudah saya posted beberapa waktu lalu. Nah, sekarang akan saya sampaikan bagaimana cara kita mendapatkan keuntungan (uang) dari affiliate marketing.

1. Pay Per Sale Affiliate Program
Melalui program ini, kita memperoleh keuntungan pada saat seseorang membeli produk atau jasa melalui link affiliate kita. Contoh barang yang dijual yaitu ebook atau software.
Besar komisi pay per sale ini bervariasi, mulai dari beberapa persen saja sampai 60% bahkan ada yang lebih.

2. Recurring Affiliate Program
Dalam program ini, affiliate merchant memberi komisi kepada kita dalam periode tetap atau secara berkala. Biasanya program ini ditawarkan jika seseorang berlangganan suatu jasa dan layanan bulanan, contohnya webhosting, langganan autoresponder, member suatu forum berbayar atau mengikuti kursus online misalnya. Memang sih...program ini presentasenya lebih sedikit dibanding program lain, tapi ini tetap menguntungkan karena kita hanya menjual jasa ini satu kali, tapi dapat komisinya bisa selamanya sepanjang pelanggan membayar biaya keanggotaannya.

3. Pay Per Lead Affiliate Program
Adalah jenis program affiliate yang memberikan pembayaran flat untuk setiap prospek (leads) dengan kualifikasi tertentu yang kita bawa ke situs merchant melalui link affiliate kita. Produk yang dijual biasanya asuransi, kredit rumah dan aplikasi pinjaman. Komisi yang kita dapatkan mulai dari 25 sen untuk setiap leads yang datang ke website, sampai $25 atau lebih untuk leads yang mengisi aplikasi secara lengkap.

4. Pay Per Click Affiliate Program
Dalam program ini, kita mendapatkan bayaran pada saat sebuah "link iklan" di situs kita diklik oleh pengunjung kita. Pihak yang membayar kita adalah perusahaan-perusahaan yang memasang iklan di pihak tertentu dan pihak tersebut menawarkan kepada kita untuk memasang iklan di website kita. Contoh yang kita kenal adalah Google adsense. Memang komisi yang didapatkan dari google adsense terbilang kecil untuk setiap klik nya, tapi coba bayangkan, jika kita punya banyak website yang dipasangi adsense, pendapatan kita pun akan banyak kan?...:-)

5. Pay Per Search Affiliate Program
Program ini hampir sama dengan Pay Per Click, hanya modelnya yang berbeda. Lewat program ini, kita akan mendapatkan penghasilan pada saat pengunjung mencari informasi melalui "search box" khusus yang sudah ditempatkan di situs kita, lalu orang itu mengklik salah satu link yang ada. Anda tahu kan search box / search engine? itu lho...contohnya yahoo dan google. Nah, program ini kurang lebih berarti "program yang membuat kita menjadi search engine". Google juga menawarkan program seperti ini, silahkan saja lihat di Google Adsense.

Oke friends...sampai sini dulu jumpa kita, berikutnya akan saya sampaikan tentang jenis komisi dalam affiliate program. Makasih buat yang sudah baca blog ini, semoga bermanfaat.
See U !

Bagaimana agar kita sukses di Internet Marketing? Baca dulu Mindsetnya disini.

No comments:

Post a Comment