Saturday, April 11, 2009

Affiliate Marketing


By Tika

Halo..kita ketemu lagi nih...:-)
Kali ini saya akan membahas tentang Affiliate Marketing, terutama bagi anda yang masih pemula di dunia Internet Marketing.
Pembahasan ini akan saya bagi menjadi beberapa sesion, karena banyaknya materi yang perlu disampaikan. Oke, pada sesion ini akan saya bahas dulu mengenai apa itu affiliate marketing dan bagaimana cara affiliate marketing bekerja.

1. Apa itu Affiliate Marketing
Affiliate Marketing adalah suatu cara untuk mendapatkan uang dari internet. Cara ini termasuk sebuah bisnis besar yang diperkirakan bernilai 14 juta dollar setiap tahunnya, wow...amazing!:-)
Dalam affiliate marketing, kita dibayar kalau kita berhasil menjual produk/jasa seorang merchant atau affiliate merchant.

Merchant/affiliate merchant adalah orang atau perusahaan yang memiliki produk/jasa yang dipasarkan melalui internet. Sementara kita yang tidak memiliki produk/jasa yang dipasarkan, bisa menjadi affiliate / sales online yang ikut memasarkan produk/jasa mereka. Nah, kita yang jadi affiliate disebut affiliate marketer.

2. Bagaimana Affiliate Marketing Bekerja?
Misalkan kita menemukan sebuah produk online yang ingin kita jual, dan setelah kita baca, ternyata website tersebut menawarkan program affiliate yang membayar kita 50% dari harga setiap produk yang berhasil kita jual.

Kemudian kita mendaftar untuk menjadi affiliate di website itu. Biasanya kita diminta mengisi form nama, alamat (untuk cek), email, nomor telepon, dll. Kita juga diminta untuk membaca affiliate agreement atau naskah kesepakatan yang mengikat kita dengan merchant tersebut.

Setelah kita menyetujui kesepakatan tersebut, affiliate merchant akan memberikan sebuah "affiliate link" untuk kita. Tugas kita selanjutnya adalah mempromosikan affiliate link tersebut. Misalkan kita tempatkan link tersebut di web kita atau di email signature, dengan harapan ada orang yang akan meng-klik link tersebut dan melakukan pembelian. Nah, kalau orang itu membeli berarti kita akan mendapatkan komisi. Jadi...bukan cuma meng-klik, tapi harus benar-benar melakukan pembelian. Okey?

Inilah tantangan sebenarnya dalam dunia affiliate marketing. Affiliate melakukan tugasnya menjual dan mengirimkan produk/jasanya pada orang yang membeli lewat link kita, sedangkan kita menolong mereka dengan mempromosikan affiliate link yang mereka berikan. Jadi, jika kita menjadi seorang affiliate marketer, rajin-rajinlah berpromosi agar affiliate link kita banyak yang mengunjungi dan dilanjutkan dengan pembelian.

Nah, teman...sekian dulu sesion kita kali ini, lain kali kita ketemu lagi di sesion berikutnya...
Semoga bermanfaat...Bye..bye..:-)

*Lihat Juga Artikel Lain Dengan Judul Mindset Sukses Internet Marketing


No comments:

Post a Comment